Translate

7 Tips hidup hemat bersama pasangan

1. Pacaran ke tempat yang biayanya hampir tidak ada


Makan di restoran mewah, nonton konser dan belanja memang merupakan pilihan kegiatan pacaran yang menarik, tapi ketahuilah cara itu banyak menghabiskan uang.
Untuk menghemat uang, cobalah dengan ide-ide pacaran yang tidak mahal seperti makan malam dan nonton di kos atau rumah. kemudian Anda bisa menonton band lokal di acara bebas biaya atau bahkan Anda bisa mendaki atau bahkan jalan-jalan di sekitar taman.

2. Konsolidasi


Untuk menyimpan dan menghemat uang diperlukan konsolidasi atau pembicaraan antar pasangan. Konsolidasikan pengeluaran kecil pada pasangan Anda agar sama sama tahu berapa besar pengeluarannya.

3. Belanja yang memang diperlukan


Membeli keperluan rumah tangga dapat menghabiskan banyak uang bila tidak dilakukan dengan benar. Membeli barang kebutuhan seperti tisu, makanan beku pada saat diskon dan dalam jumlah besar dapat menjadi opsi.
Atau bisa juga sebelum belanja, buat terlebih dahulu daftar belanjaan yang memang benar-benar diperlukan.

4. Ambil liburan yang lebih murah


Jika ingin berhemat dan tetap ingin liburan, pilihlah objek wisata yang tidak jauh dari tempat Anda berada. Sehingga selain Anda tetap dapat menikmati liburan, Anda juga dapat menyimpan uang untuk hal lain.

5. Gabungkan laporan keuangan dengan pasangan


Ketika Anda sudah menikah, pendapatan dan pengeluaran dengan pasangan sebaiknya digabungkan. Dengan begitu, Anda memiliki laporan keuangan yang sama untuk barang-barang dan pengeluaran.
Kemudian untuk pembayaran juga bisa dilakukan bersama dan seiring dengan itu juga bisa berhemat bersama.

6. Sering berdiskusi mengenai impian bersama


Ketika membuat rencana penghematan, salah satu kuncinya adalah dengan membuat penjelasan apa tujuan masa depan dan untuk keperluan apa Anda dan pasangan berhemat.
Dengan mengukur dan berdiskusi tentang apa yang ingin Anda miliki dan apa yang ingin Anda capai di masa depan, Anda dan pasangan dapat menyesuaikan rencana tabungan sesuai kebutuhan.

7. Buat rencana utang


Jika Anda dan pasangan saat ini terlibat utang, maka membuat rencana untuk melunasinya dengan efisien adalah hal yang sangat penting.
Dengan bersama-sama, Anda dapat menentukan rencana pembayaran yang paling baik untuk mengurangi bunga utang yang mahal dan segera keluar dari utang tersebut secepatnya.

No comments:

Post a Comment