Translate

5 Cara punya uang banyak sebelum usia 30 tahun


1. Bayar utang agar tak menyedot tabungan


Salah satu kunci sukses, tidak punya utang. Bayarlah utang agar tidak menumpuk. Namun, tidak semua utang yang harus dibayar. Hanya utang yang sifatnya memiliki bunga kredit. Bayarlah utang sebelum menyedot tabungan Anda.
Tidak dipungkiri, sangat berat untuk melunasi utang ditambah dengan bunganya. Namun, Anda akan merasa bebas setelah melunasi utang yang selama ini membelit.

2. Buat perencanaan anggaran bulanan


Anda harus bisa merinci pendapatan serta pengeluaran bulanan. Termasuk uang sewa dan kewajiban membayar utang.
Selain itu, Anda juga harus mengontrol pengeluaran bulanan. sehingga, sisa uang bisa dijadikan tabungan di masa depan.

3. Hindari hidup mewah

Beberapa orang memiliki sifat hidup bermewah-mewahan. Untuk mengeceknya, coba Anda lihat seberapa besar pengeluaran untuk hal-hal yang sekadar memenuhi kesenangan pribadi.
Hal-hal seperti berkumpul bersama teman-teman di kedai kopi juga merupakan hidup yang mewah. Dari situ, Anda bisa melihat pengeluaran yang terbuang sia-sia.
Jika Anda berpikir untuk sukses, Anda bisa membuat kopi sendiri sehingga uang pengeluaran yang mewah bisa disimpan untuk tabungan. Cobalah untuk bisa mengendalikan hidup mewah demi masa depan yang lebih baik.

4. Bayar tagihan tepat waktu

Ini menjadi salah satu kunci pengelolaan keuangan yang baik. Banyak orang Indonesia sering melupakan tagihan jatuh tempo setiap bulannya.
Tagihan yang tidak dibayar tepat waktu akan menjadikan utang anda meningkat. Sehingga tagihan Anda semakin membengkak. Jika terasa berat, mulailah minta tagihan untuk dibayarkan secara otomatis.
Dengan begitu, kewajiban membayar tagihan tidak akan melewati jatuh tempo dan utang Anda semakin berkurang.

5. Mulai simpan uang untuk pensiun


Menabung uang pensiun sedini mungkin menjadikan hidup Anda lebih berarti di masa tua. Walaupun kecil, cobalah untuk menyisihkan uang pensiun.
Bisa juga menaruh uang pensiun untuk dikelola pihak ketiga. Sehingga, ketika memasuki masa pensiun, Anda bisa mengambil uang dengan jumlah besar.
Cara yang paling mudah untuk menyimpan dana pensiun anda adalah menyisihkan 5 persen upah Anda setiap bulan. Kemudian, bisa meningkat hingga 20 persen per bulan untuk dana pensiun Anda.

No comments:

Post a Comment